Cara Belajar Saat Akan Menghadapi Ujian

Monday 13 October 2014 | comments

Cara Belajar Saat Akan Menghadapi Ujian

cara belajar saat menghadapi ujian
                Banyak dari para pelajar maupun para mahasiswa/i sangat takut dengan ujian maupun ulangan.  Apa lagi kalau yang di ujiankan itu pelajaran yang sangat tidak disukai. Dalam hatinya kan berpikiran “Mampuslah besok ujian inilah, pelajaran yang paling kubenci, ah udahlah pasrah aja”. Maka disini akan saya beritahu cara belajar saat akan menghadapi ujian.
1.       Gunakan waktu sebaik mungkin
Maksudnya adalah ketika anda akan menghadapi ujian jangan besoknya ujian anda baru belajar ataupun yang ngetrennya di kalangan pelajar dengan istilah SKS (Sistem Kebut Semalam) itu tidaklah baik, dari segi kesehatan maupun dari segi kualitas belajar kita. Sebaiknya kita mempelajari pelajaran yang akan diujiankan itu jauh-jauh hari sebelum hari H ujian tersebut. Paling tidak tiga hari ataupun dua hari sebelum ujian dilaksanakan. Selesaikan belajar anda sehari sbelum ujian, agar anda refresh. Jika sehari sebelum ujian anda masih belajar maka anda akan kelelahan dan fokus anda ke pelajaran di sertai dengan was-was tidak akan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan ujian tersebut.

2.       Pelajari kembali catatanmu

Pelajari kembali catatan ini dimaksudkan anda membaca kembali catatanmu lalu pelajari dan pahami. Karena biasanya catatan itu berisikan catatan penting yang sering masuk ujian, jadi sewaktu akan ujian jangan sampai hilang buku catatan anda. Itu akan mempersulit anda mempelajari pelajaran yang akan di ujiankan karena lebih mudah memahami tulisan kita sendiri daripada tulisan orang lain, apalagi anda hanya mengandalkan buku cetak.

3.       Lihat kembali tugas-tugas dan ulangan anda yang sebelumnya

Sangat mungkin sekali jika guru atau dosen anda akan menggunakan soal yang telah digunakan saat tugas maupun ulangan sebelumnya, jadi manfaatkan berkas-berkas ulangan dan tugas-tugas tersebut. Dengan melihat dan mempelajari kembali tugas-tugas dan ulangan-ulangan anda sebelumnya akan membuat anda mudah memahami pelajaran tersebut.

4.       Buatlah kelompok belajar

Membuat kelompok belajar ini bertujuan agar jika anda tidak mengetahui tentang pelajaran tertentu ataupun materi tertentu anda bisa minta ajarkan teman yang mengerti, jika teman anda tidak mengerti juga, maka sama-sama mempelajarinya sampai mengerti. Tapi, jika anda lebih senang belajar sendiri maka anda tidak perlu membentuk kelompok belajar.

5.       Buatlah suasana yang nyaman ketika akan belajar

Suasana yang nyaman akan meningkatkan semangat mapun gairah anda untuk belajar meningkat. Nyaman ini bisa dengan ruangan yang bersih, rapi dan ada musik klasiknya. Tapi, jika anda tidak biasa mendengar musik ketika belajar maka anda sebaiknya tidak menghidupkan musik ketika sedang belajar.
6.       Jaga kesehatan tubuh
Kesehatan tubuh adalah yang terpenting, percuma aja kan anda sudah dari jauh-jauh hari mempersiapkan untuk ujian, tetapi pada saat hari H nya anda sakit. Oleh karena itu jaga kondisi anda ketika akan ujian. Seperti anda tidak melakukan SKS (Sistem Kebut Semalam), karena itu bisa membuat tubuh lelah, mata mengantuk dsb.

7.       Optimis

Optimis ini bertujuan agar anda yakin bahwa anda pasti bisa menjawab ujian tersebut. Maka dalam hati anda katakan pada diri anda sendiri “Aku pasti bisa” berulang-ulang kali sehingga anda menyakini bahwa diri anda sebenarnya memang bisa.

8.       Datanglah lebih pagi

Datang lebih pagi ini bertujuan agar menghindarkan anda dari ketergesa-gesaan. Jika anda tergesa-gesa maka pikiran anda juga kacau. Seperti jika anda terlambat maka dalam hati anda berkata “Semoga gak terlambat” maka dari situ anda sudah merasa gelisah sehingga pelajaran yang sudah anda pelajari terlupakan deh. Jadi datanglah lebih awal sehingga sebelum ujian dimulai anda masih bisa baca-baca materi dengan santai.

9.       Do’a dan tawakal

Dan yang terakhir adalah Do’a. Setelah anda melakukan dari no.1-8 maka anda harus berdo’a agar pelajaran yang sudah kamu pelajari masuk di ujian tersebut dan berharap diberi kemudahan ketika mengerjakannya. Setelah berdo’a maka bertawakal.
sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika terdapat kata-kata yang menyinggung saudara, semoga bermanfaat bagi anda.


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Gudang Ilmu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template | More Trick | IVY Themes
Proudly powered by Blogger